Berbakti, Berkarya, Berarti

web hosting indonesia

Pekanan FLP Cianjur : Psikologi Menulis


Notulen Pekanan Flp Cianjur
Hari : Minggu 22 juli 2012
Pukul : 09.00 sd. 12.00 WIB
Tempat : Halaman Mesjid Agung Cianjur
Nara sumber : Prof. Asep Rodiayana
Audiens : Yuni, Sima, Dini, Ica, Ayu, Runi, Bela, Yulia, Yayang, AU, Sofhi, Deden, Agus dan Ridwan.
Pengurus yang hadir : Defa, Nenden, Sifa, Nisa, Hade dan Aris.

Pekan pertama dibulan Ramadhan terasa lebih khidmat karena acara diawali dengan tadarus Al Quran mulai dari QS, Al fatihah, Albaqorah 1-76. Acara dilanjutkan dengan bedah karya yang sebelumnya sudah ditugaskan pekan kemarin. Tema : Analogi Diri Sendiri. Beberapa karya dibacakan seperti AU : Benteng, Shofi : bunga mawar,  Dini : Chess, Runi: Atlit marathon, Bela : Embun. Hal ini bertujuan untuk lebih mengenal pribadi serta harapan anggota terhadap diri sendiri. Berhubungan dengan mengenal kepribadian kami langsung beranjak ke materi : Psikologi Menulis bersama Prof. Asep Rhodiyana (Abu Farhan).

Pada pembukaan Audiens tiba-tiba diminta tertawa. Hem ? Hampir semua kebingungan tapi ada saja yang mulai tertawa-tawa. Aneh bukan ? Apa maksudnya niy... ? Ternyata Kang Asep mau mengkondisikan audiens ke dalam kondisi otak sedang Alfa. Apabila otak kita dalam kondisi alfa maka daya konsentrasi kita akan meningkat. Caranya ya dengan tertawa. Hehehehhe. Hal ini berkaitan dengan memaksimalkan udara dalam otak. Selain dengan  tertawa juga bisa dengan cara menarik nafas dari hidung secara bergantian kiri dan kanan sebanyak 5 x. Apabila menarik nafas dari lubang hidung kanan, maka otak kiri akan merasakan adanya pemenuhan oksigen. Sedangkan bila nafasnya dimbil dari lubang hidung kiri, maka otak kanan yang akan dipenuhi oksigen. Anda dapat merasakan sensasinya bila mencoba ^_^

Konsentrasi sangat penting bagi setiap profesi apapun. Termasuk PENULIS. Untuk meningkatkan daya  konsentrasi dapat dilakukan dengan cara melatih  bola mata agar  focus melihat ke ujung hidung. Apabila berefek pusing maka konsentrasi kita pertanda belum maksimal.Teruskanlah berlatih sampai mata kita merasa nyaman. ^_^

Berawal dari kondisi otak kita dibawa ke bahasan potensi membaca. Tehnik  speed reading dengan cara foto reading. Namun mengenai potensi membaca ini tidak dibahas lebih jauh. Akan tetapi langsung mengupas pada Psikologi Menulis.

Psikologi menulis berkaitan dengan karakter penulis. Lebih tepatnya karakter seseorang akan terbaca dari tulisan tangannya di kertas polos. Secara keilmuan disebut Grafologi. Semua kondisi psikologis manusia bisa diraba dengan tulisan. Psikologi seseorang bisa diindetifikasi melalui gaya tulisan meliputi jenis huruf,  penggunaan tanda baca, dsb. Melalui tulisan pula, kita dapat mengubah kepribadian yang kurang baik.

Pertanyaan 
Ridwan : Bagaimana cara membangkitkan lagi ide yang sempat terlupakan?
Jawab : Kita harus kembali ke tempat munculnya ide dalam hari yang sama. Jika lebih dari 1 hari maka memungkinkan terjadinya lupa permanen.

Au : Kenapa materi yang sudah dihapal tiba-tiba menjadi lupa?
Jawab : Metode penugasan secara memaksa dapat menjadi penyebab kelupaan. Oleh karena itu, usahakanlah untuk menghindari pemaksaan.

Shofi : Apakah otak dapat difungsikan 100% ?
Jawab : Otak bisa difungsikan 100% jika kita mengetahui cara kerja manual otak.

Kami mohon maaf karena masih banyak informasi dan pertanyaan lainnya yang tidak terangkum disini. Semoga ilmu yang kita dapat hari ini bermanfaat. Amin ^_^ 




0 comments:

Posting Komentar

Pekanan FLP Cianjur : Psikologi Menulis