Berbakti, Berkarya, Berarti

web hosting indonesia

Enam Tips Meruntuhkan si Blokade Ide

Oleh : Maulia Dwirachmatulhida

Kepala mumet, naskah tak kunjung selesai, deadline sudah hampir di depan mata. Jantung kebat-kebit. Ke mana idekuuuuuu?! Jungkir balik gak dapet ide. Guling-guling malah ketiduran. Ide tak kunjung mampir ke kepala. Bingung, ‘kan? Nah… itu artinya, kamu sedang mengidap Writers Block. Apa itu Writers Block? Blok tempat tinggal para penulis. Eh, bukan. Writers Block itu penyakit umum penulis, di mana si penulis sedang dalam keadaan kebuntuan ide. Alias miskin ide.

Ada penyakit, tentu ada obatnya, ‘kan?

Nah… kebanding bete, yuk, kita simak enam langkah mengobati si penyakit Writers Block ini.
  1. Coba dengarkanlah musik atau lagu. Biasanya, musik membawa inspirasi berlimpah, loh. Apalagi music atau lagu-lagu favoritmu. Musik juga akan membantu kamu membangun mood kembali. 
  2. Coba cari kata-kata bijak di internet. Kata-kata tersebut juga bisa menjadi ladang ide kamu. Selain kamu termotivasi, kamu juga bisa memasukkan kata-kata tersebut ke dalam naskahmu, tapi sesuaikan dengan genre naskah, ya.
  3. Coba baca karya orang lain. Karya-karya mereka juga akan memotivasi kamu agar menyelesaikan naskah kamu. Belum lagi kalau kamu terinspirasi dari artikel atau cerita yang dibuat orang lain.
  4.  Refreshing alias jalan-jalan. Tidak perlu jalan-jalan sampai shopping ke Singapura. Cukup jalan kaki saja di sekitar rumah, mungkin setelah melihat keceriaan anak-anak SD bermain, atau ketika mendengar gosip dari ibu-ibu tetangga, kamu bisa segera mendapatkan ide. Ingat! Ide ada di mana-mana!
  5. Nonton film-film yang kamu suka. Seperti Film Hollywood, Bollywood, Anime dan sinetron. Boleh juga agak-agak nyontek adegan dari film itu, tuh. Apalagi kalau emosi kamu benar-benar dimainkan oleh adegan di film itu.
  6. Berkhayal. Ini sarana paling gampang. Hadirkan saja duniamu sendiri di dalam imajinasimu. Coba bayangkan bagaimana rasanya kalau kamu jadi pejabat. Apa yang akan kamu lakukan? Atau, seandainya saja ada artis beken yang nembak kamu? Atau bayangkan asyiknya kamu bertualang di dunia penuh monster.
 Hm… keenam langkah ini hanyalah tips-tips ringan agar kamu terbebas dari penyakit mengerikan bernama Writes Block. Kalau sudah kena Writers Block, duh, produktifitas terganggu!

Nah, dengan menerapkan keenam langkah ini, ayo kita berantas Writes Block! Hasilkan karya-karya yang bermutu, produktif, dan akhirnya jadi penulis kreatif, deh. Selamat berkarya, Kawan!




0 comments:

Posting Komentar

Enam Tips Meruntuhkan si Blokade Ide