Berbakti, Berkarya, Berarti

web hosting indonesia

Belajar Menulis Dengan ATM


Salam sobat FLP...

Sobat-sobat punya tabungan kan ? tentu ATM sudah tidak asingditelinga sobat. Biasanya kalo sobat FLP mau ngambil uang atau transfer pastinyari ATM, karena lebih simpel dan tidak ribet.

ATM yang mau dibahas bukan ATM yang sobat kenal. Kecualimemang sobat FLP mau transfer uang ke saya baru saya bahas.. hehehe..

Udah ah, banyak basa-basi jadinya, syukur kalo beneran sobattransfer ke saya. Tp udah ah, saya nggak ngarep kok.... Dzigh !!!! Mau taunggak ni ?? Ngacung dulu ayoooo... Yuk.. brengkooot..

ATM ???


A = Amati, T = Tiru, M = Modifikasi


Amati
Ada rekan penyair yang sajaknya sudah melejit dan banyakdimuat di media massa, saya sempat bertanya resep bagaimana cara agar bisadimuat di media massa. Dia bilang “Coba kamu pelajari sajak-sajak yang dimuatsetiap edisinya, kemudian kamu amati setiap karakter sajak pada masing-masingmedia. Jika diperhatikan setiap media memiliki karakter masing-masing, kemudiankamu amati juga karakter sajak yang kamu buat, dari situ kamu bisa menilaisajak yang kamu buat cocok dikirim ke media yang mana.”

Tiru
Ada pengalaman dari rekan yang suka nulis juga, dan kitasudah biasa bertukar tulisan untuk saling komentari. Setelah dipelajaritulisannya, ternyata tidak jauh dari apa yang sering dibacanya, dari mulaitema-tema nya, latar, judulnya hampir mirip dengan buku-buku yang sering iabaca.

Nah maksudnya mengulas itu karena apa salahnya kalau kitamencoba meniru dahulu dari karya-karya penulis hebat yang sering kita baca. Bukankahpada saat kita mulai belajar bicara meniru ucapan-ucapan yang diajarkan orangtua kita. hehe... sayang nya nggak inget masa-masa itu. hikz hikzhikz..........

Modifikasi

Setelah di amati pangsa pasarnya, kemudian meniru dulu dari karya-karyaorang lain sambil mengasah keampuan menulis sobat, baru ciptakan karakter daritulisan sobat dengan memodifikasinya, karena pada dasarnya karakter dalampenulisan itu sangatlah penting. Coba saja sobat perhatikan buku-buku yangsobat baca, masing-masing punya karakter dan keunikan tersendiri. Saya yakin,sobat sudah punya karakter ya....

Sekian dulu ya... panjang-panjang juga belum tentu dibacasemu sama sobat FLP.. Semoga bermanfaat, maaf saya juga masih belajar tulismenulis, jadi strukturnya masih acak-acakan... dan semoga bisa dipahami.

Tinggalkan jejak di form komentar ya....




0 comments:

Posting Komentar

Belajar Menulis Dengan ATM