Berbakti, Berkarya, Berarti

web hosting indonesia

Cerpen TOKO BUKU

Oleh : Gita

Cowok lucu dan hobby baca ini punya nama Dino bin Herdiansyah alias Dino Herdiansyah yang artinya Dino anak pak Hery dan bu Dian yang syah hehe. Seusai SMA dia ga mau kuliah, males “capek” katanya, anaknya bandel suka coret2 dinding atau meja belajarnya, tapi asyiknya punya sobat cewek feminim anak kuliahan cantik lagh! namanya Ima. Kalau jalan berdua kaya langit dan bumi jauh banget tapi Ima gak pernah risih.

Suatu hari waktu mereka pergi ke sebuah mall, orang-orang pada liatin mereka, orang-orang fikir “ni pasangan kekasih apa majikan ama babu sih ga keliatan kembar beda banget!” hehe

Dino ma Ima malah senyum- senyum aja.

“lo ke toko buku kan?” tanya Ima

“iye, dan lu pasti ke salon khan!” jawab Dino

“gak, gw scuma beli baju dan biasalah cewek. Ya udah 3 jem lagi di restoran meja no.10 keyz!” dan mereka pun berpisah. Seperti biasa kalau udah belanja pasti ke kafe mall trus ke timezone deh!...

--…--

Di toko buku, Dino asyik banget liat ini liat itu, baca ini baca itu kalau udah ada yang cocok baru deh nangkring sambil baca, dan pastinya yang dia baca kalau ga komik, novel remaja, kamus-kamus, dan yang ga pernah ketinggalan pasti baca resep makanan di buklet. Dia hafalin trus praktekin di rumah!! bandel- bandel tapi Dino otaknya jangan salah Pentium 3 hehe..

Pernah waktu dia asyik- asyik nyatet di note book dari buklet. Tiba-tiba

“ehem…lagi ngapain mas? asyik ya!” sapa pelayan toko dari belakang Dino

“lagi nyatet mas, kenapa? saya menghalangi jalan ya,!” jawabnya cuek tanpa menghiraukan siapa yang menyapa dan dia bergeser lebih depan dan terus nyatet.

“maaf mas, ini bukan perpus mas ga bisa nyatet sembarangan donk! beli aja kenapa si ga punya duit ya!” mas pelayan tadi bermaksud untuk mengusirnya tapi

“ooh…maaf mas saya ga sengaja, daagh…!” dan Dino pun menutup buklet tadi dan permisi dari situ.

”ga sengaja gimana sekalian aja foto copy, hari gini masih ada aja orang kaya gituh!” gerutu mas tadi. Hahaha itu salah satu ulah konyol yang dilakukan Dino, kali ini dia datang ke toko buku eh ketemu pelayan itu lagi ‘’eh…mas ini lagi, mau nulis resep makanan lagi yah, hihi…!”

“eh..hu’uh, mas hebat yah masih inget sama saya!” jawabnya angguk-angguk lalu masuk mencari bahan bacaan. Lagi asyik-asyik baca

“misi mas!”

dari belakang ada yang permisi ternyata perlahan-lahan dompet Dino dicabutnya, setelah beberapa detik Dino baru ‘ngeuh

“waahh…dompet gw tuh! wei copet tolong dompet gw, tulung- tulung tangkep!”

mereka pun saling mengejar tiba-tiba setengah perjalanan mengejar pencopet itu Dino berhenti kelelahan dan ingat sesuatu

“waduh gw baru nyadar tuh dompet kan kagak ada duitnya” dia menepuk jidatnya “tapi lumayan kan duit receh buat nefun koin, yasudahlah gak usah dikejar udah jauh ini” katanya sedikit menyesal

“waduh dah jem stgh 4 gw telat!!” . Dino melihat jam di tangannya dia pun langsung pergi ke kafe.

--...-

Ima yang sudah menunggu stgh jam.

“ni anak kemana si, bete bgt kayanya keasyikan nih bacanya!” kesal Ima

“aduh sorry bgt Ma barusan di toko buku gw kecopetan, gw kejar-kejaran ma copet ga ada yang bantuin, dasar tuh maling eh copet bloon huh jadi cape kan gw!! Dino datang duduk dan nyerocos menjelaskan sambil ngosh-ngoshan.

“hihi…emang dompet lu ada isinya? paling ada foto mami lu ama duit recehnya!” timpal Ima ketawa geli

“malah ketawa lagi, ya ga gitu juga” diam sejenak mikir “tapi bener juga yang lu bilang gw kesini ga bawa duit hehe tapi yang gw heran kenapa orang –orang tuh ga pada bantuin gw nangkep tuh copret, hakh…sial?!” dia menepuk tangannya

“ya jelaslah Dino, mungkin orang- orang mikir lu ma pencopet ntu temen jadi mereka cuekin, soalnya pasti dandanan lu ma dandanan pencopet ntu sama kan hahaha!” Ima tertawa mengejeknya Dino hanya manyun.

“yasudah gw yang traktir lu ah manyun aja kaya pencopet yang nyopet dompet lu!” lanjut Ima.

Dan beneran pas pencopet membuka hasil copetannya alias dompet Dino

“akh…sialan tuh orang, dompet bagus tapi isinya buruk rupa apaan nih ATM potong, berapa nih 3.550 perak, huh…dah cape-cape lari juga cuma dapet segini! Grutu pencopet. Hahaha…

--…--

Beberapa hari kemudian sesudah nganterin Ima kuliah Dino cabut ke toko buku favoritnya disana dia belum dapat buku yang dia suka dan “tap…!” “eh buku saya” kata seorang gadis yang megang buku yang dipegang Dino “buku saya juga kok!” Dino membela, lalu dia tatap wajah gadis tadi dan melepaskan bukunya “eh..yaudah buat kamu aja, ladiest first hehe!”

“oh…gak kamu aja, aku ga apa-apa kok lagian aku cuma liat aja ga bakalan beli” gadis itu menjelaskan

“ngga, beneran kamu aja aku juga ga bakalan beli kok’’ timpal Dino

“ooo…beneran yah, ya udah makasih ya!” ujar gadis itu.

“tapi ntar aku pinjem yah he..he..!” kata Dino dasar ga tau malu

“hah…gimana mau minjemin buku ini sama orang yang aku ga kenal??” jawab cewe itu (bilang aja mau kenalan mbak!)

“oh..Dino, hay...!” dia menjulurkan tangannya dengan malu- malu

“Lestari, panggil aja Tari” dan mereka pun bersalaman. “mau makan siang bareng?” Dino menawarkan,

Tari hanya diam kaget “mmhh…!!”

“mmhh…maksudnya makan siang sambil kita ngobrol- ngobrol, mengakrabkan suasana gituh! Sambung Dino menjelaskan.

‘‘oh…boleh tapi aku bayar dulu bukunya yah!”

Dan setelah dari kasir mereka bergegas ke kafe gak jauh dari toko buku tadi

“mau pesen apa mas,mbak?” sapa waitersnya

“kamu mau ngemil, eh makan apa?” tanya ramah Dino pada Tari

“aku kentang goreng+saus tomat, cake coklat sama minumnya orange jus” pesen tari

“waah…sama aja mbak tapi saya ga pake cake coklat tapi chese cake ya! makasih mbak”

sambil menunggu pesenan datang mereka ngobrol-ngobrol asyik tentang mereka, tentang buku dan tentang kejadian tadi sampe kira- kira sore menjelang malam mereka jalan dan Dino mengantar Tari pulang, ga lupa tukeran nope alias nomer hape. Selang beberapa minggu karena sering tlfn-tlfnan dan smsan akhirnya mereka jadian.

Dino menceritakannya pada Ima “emang ada yang mau sama kamu gatuh, tahayul eh mustahil hi”?” ejek Ima

“beuh sembarangan lu ngomong dia bukan tuyul tapi bidadari yang turun dari toko buku heuheu...”

Lu tega banget sih ma temen sendiri, tampang gw kan ga ada jelek-jelek nya, badan gw oke, otak gw woke, penampilan okelah walau sedikit sembrawut maklumlah cowok apa lagi coba yang kurang dari gw?” jawab Dino manyun.

“dompet lu yang ga oke haha” timpal Ima“ iya, gw percaya, tapi ntar kenalin kita yah, gimana kalau besok gw kan ga ada kuliah kita tunggu di kafe biasa jam 11 sekalian makan siang, brani ga, kalau kagak berarti lu bohong!” tantang Ima

“ya berani lah, oke lo tunggu gw jam 11, sekarang gw mu balik dulu yah dadah…!”

Dan besoknya Tari dikenalin ma Ima, mereka nyambung asyik dan suasana pun yang awalnya dingin jadi hangat setelah ditambah dengan kehadiran Ello pacarnya Ima. Ello dan Dino sama-sama jail membuat Ima dan Tari ketawa-ketawa.

“eh btw Tari, kamu kok mau sih sama Dino” canda Ello

“yeah…kurang asem lo gini2 juga kita saling sayang ya beb, dan yaa perfeck lah gw jadi cowo hehe” timpal Dino memuji diri sendiri

“ yaah…blangsak lo PD bgt” seru Ello

“trus critain dunk ma kita begimane ceritanye kalian bisa jadian??” Tanya Ima

“yaah…gini ya mbak waduh kaya diwawancara ma juru warta aja nih,hehe ngga sih yaa di toko buku lah gw nembak dia dengan mas kawin sebuah novel teranyar dan 1 majalah resep makanan gw pun meminangnya dan untungnya dia nerima gw, yaa gara2 buku juga gw kenal dia!” jelas Dino malu2

“kamu malu ga sih sayang waktu itu” tanya Tari menatap Dino

“yaa malu gw diliatin 1000 mata memandang, tapi demi kamu sayang apa sih yang ngga hehe! dan mereka pun melanjutkan perbincangannya.

Hampir mau 100 hari mereka pacaran selama itu pula Tari telah mengubah Dino yang asalnya cuma pake kaos, celana pendek, dan sandal jepit, kini dia terlihat keurus bersih, wangi, ga pake celana pendek lagi, dan pake sandal jepit lagi. Suatu saat Tari memutuskan untuk mutusin Dino di kafe biasa dengan alasan orang tua dll (klise!!). Dino bisa terima

“yasudahlah kalau itu maumu dan memang yang terbaik buat kita aku bisa terima itu sayang, makasih yah semuanya, kamu bae2” ujar Dino agak sedikit kecewa.

1 jam kemudian mereka pun berpisah tampak kekecewaan di hati Dino, dia ga nangis dia cerita sama Ima

“yasudah lu tabah aja jangan nangis akh…mungkin dia bukan jodoh lu kali, cari lagi aja di toko buku!” hibur Ima

Semenjak kejadian itu Dino ga pernah nongkrong di toko buku lagi, jadi pindah sasaran ke warnet. Dari malam ampe tengah malam dia nangkring di warnet. Lama kelamaan baru kerasa bosennya

“bete banget si, bukannya seneng malah ngabisin duit aja! Bisa-bisa tekor nih gw kalo tiap hari mesti ke warnet!” katanya.

Seminggu kemudian terbesit kabar kalau Tari mau meried sama orang, sampailah berita itu ke telinga Dino, Dino ga banyak coment cuma “Tari, tari kamu ituh yah, pacaran ma siapa kawin ma siapa ada-ada aja?” dia menggeleng

“Akh…dari pada pusing mikirin kawinan c’Tari mending gw jemput sobat gw aja ke kampus!” dan Dino pun melesat ke kampus Ima dengan motornya, sampai di parkiran dia duduk di bangku parkiran sambil melongo ke kanan kiri tiba2 datang satpam kampus

“maaf mas lagi ngapain disini?” sapa satpam kampus yang bertubuh gede juga berkumis lebat itu

“eh…pak satpam, saya lagi nungguin pacar saya, emang kenapa pak?” jawab Dino sedikit kaget

“maaf mas mendingan sekarang mas pergi deh dari tempat ini!” tegas pak satpam

“emang kenapa pak saya bukan maling, emangnya saya ada tampang kriminal apah? lihat nih pak muka saya bae-bae imut kan pak!” keluh dino panik

“ oh…gak bisa mas, mas pergi aja yah mas, disini dilarang orang masuk sembarangan!” satpam itu keukeuh

“sembarangan gimana, saya sering kok kesini saya mau jemput pacar saya, gimana sih bapak ini” Dino tetep ngotot

“yasudah kalau begitu mas tungguin pacarnya di luar saja ya!”

“akh…iya deh pak, bapak ada-ada aja! awas ya pak saya bilangin pacar saya nanti kalau sudah bubar!” kesal Dino. Dino pun menaiki motornya belum juga di starter c’bapak udah resek lagi

“eh…itu motor siapa? turun kamu, nyolong di depan mata saya!!” bentak satpam itu dan matanya melotot

“eh…nyolong gimana pak, ni motor saya, yaa saya mau bawa pulang, bapak ga percaya sama saya. Ni SIM saya, ni STNK saya, dan ini duit saya pak hehe ini foto pacar saya pa, dan ini foto saya imut kan pak!” geram Dino dan mengeluarkan semua isi dompetnya

“oh…iya maaf” satpam tadi melemah “tapi kamu harus tetep keluar dari kampus ini!” usir satpam itu

“bapak keukeuh banget ya, buat saya kesal hosh…” Dino membuang nafas

“ya udah saya nunggu di depan gerbang kampus saja” kesal Dino menuruti perintah bapak satpam menunggu Ima bubar

“akh..payah tuh satpam, dia kata gw ada tampang kriminal apah? tampang segini imut cakep juga! gerutu Dino

“imut gimana maksud lo hahaha?!” 5 orang anak SD yang lewat dihadapan Dino mengejeknya, Dino kaget dan melihat pada anak-anak itu

“yeeh…bocah kata ibu gw jga gw imut kok!” timpal Dino

“iya itu kan kata ibunya abang, kalau kata kami sih situ punya tampang badut hahaha!” anak-anak SD itu pun berlarian seperti ketakutan di kejar orang gila.

“eugh…” Dino hanya memendam kekesalan pada ulah anak-anak itu.

“beneran kok kata ibu gw, gw ni imut!” keukeuh Dino. Ima pun tertawa ngakak setelah mendengar cerita Dino.

“haduh…lu tuh ada-ada aja deh!”

Akhirnya Dino pun balik ke toko buku dan dilirik karyawati cantik, jalan 2 minggu “kenapa kamu ga jadi karyawan toko buku aja, kan kamu rajin banget ke toko buku, kayanya kamu cocok deh!” ujar karyawati itu.

“…” Dino pun hanya tersenyum kecut “ni pegawai toko buku apa sales si?!”

Dan itu semua gw rasain di toko buku.





1 comments - Skip ke Kotak Komentar

doddy rachmansjah mengatakan...

wah bagus cerpennya bentar lagi bikin novelnya juga "Dino pelayan Toko Buku pemulung cinta" pasti seru , karena biasanya cewe2 putus cinta paling hobi ke toko buku ngusir bete dia , selamat deh

Posting Komentar

Cerpen TOKO BUKU