Berbakti, Berkarya, Berarti

web hosting indonesia

TIPS BUAT YANG HOBI NULIS

Iseng-iseng cari artikel, ternyata saya menemukan tips yang satu ini, bagi temen-temen yang suka nulis perlu diketahui hal-hal di bawah ini !

1. Tentukan dulu bidang apa yang paling Anda kuasai
Pertama-tama, tentukan dulu bidang apa yang paling Anda kuasai. Apakah politik? Sosial? Ekonomi? Psikologi? Atau justru usaha kecil? Penentuan bidang ini penting karena pada bidang itulah Anda akan banyak menulis. Memang sih, saya pernah melihat orang yang menguasai banyak sekali bidang, sehingga dia seringkali menulis tentang banyak hal. Tetapi jangan lupa, ketika tulisan Anda tampil di media, maka orang umumnya akan mengaitkan Anda pada satu bidang tertentu saja. Sehingga kalau Anda menulis artikel tentang banyak sekali bidang yang kesemuanya Anda kirim ke media, bisa-bisa orang akan bingung tentang apa sih sebetulnya yang menjadi topik keahlian Anda.

2. Simak dan carilah media cetak yang bisa Anda kirimi tulisan Anda nantinya
Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan menyimak serta mencari media cetak yang bisa Anda kirimi tulisan. Pemilihan media cetak ini penting agar Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa. Jangan takut bahwa tulisan Anda tidak akan diterima di media itu. Ingat, tugas Anda disini hanyalah untuk mencoba menyesuaikan gaya bahasa Anda dengan gaya bahasa mereka, kan?

3. Mulailah menulis
Langkah berikutnya, mulailah menulis. Duduklah di depan komputer, dan mulailah menulis tentang topik yang sudah Anda pilih. Jangan takut bahwa tulisan Anda jelek. Rasa takut seringkali menjadi penghambat utama seseorang dalam mencapai keberhasilan. Kemudian, jangan takut bahwa tulisan Anda sudah pernah ada yang menulis. Walaupun bidangnya sama, cobalah menulis topik yang belum pernah ditampilkan. Atau kalaupun pernah, carilah yang masih butuh pembahasan lebih lanjut. Tulis sesuai dengan pengetahuan yang Anda miliki, opini atau pendapat Anda sendiri.

4. Kirimkan tulisan itu, dan pastikan diterima dengan baik
Kirimkan tulisan itu dan pastikan diterima dengan baik. Anda bisa mengirimkannya lewat pos, atau kalau ada waktu, Anda bisa mengantarkannya sendiri ke sana, sekaligus menjalin hubungan dengan staf redaksi di media tersebut, yang memungkinkan Anda untuk dapat mengumpulkan tema-tema lain yang mungkin masih menarik untuk dibahas. Kadang-kadang, bertemu langsung dengan staf redaksi akan memungkinkan Anda untuk mendapat masukan dari mereka mengenai tulisan Anda. Selanjutnya tulisan Anda mungkin akan dimuat dan Anda akan memperoleh imbalan yang disebut honor. Besarnya bervariasi tergantung medianya. Tapi kalau tulisan Anda ternyata tidak dimuat, saran saya jangan langsung putus asa. Banyak orang yang baru pertama menulis tidak langsung dapat dimuat. Termasuk saya. Kalau memang begitu, coba pelajari lagi apa yang kurang? Apakah isi materinya, atau gaya bahasa, atau faktor lainnya? Yang penting, Anda bisa mencoba lagi. Toh, menulis adalah hobi Anda kan? Jadi kalau belum dapat penghasilan dari situ, yah, hitung-hitung menyalurkan hobi

Sumber : http://nostalgia.tabloidnova.com/articles.asp?id=3120




0 comments:

Posting Komentar

TIPS BUAT YANG HOBI NULIS